Ciri – Ciri Anak Berbakat

Standard

ANAK BERBAKAT

  1. PENGERTIAN ANAK BERBAKAT

Banyak istilah keberbakatan (anak berbakat) yang digunakan dalam psikologi seperti gifted, talented, genius dan prodigy ternyata tidak memiliki satu definisi atau batasan yang sama, hanya saja memiliki pengertian yang saling melengkapi antara satu istilah dengan istilah lainnya.

Istilah gifted ditujukan untuk orang, anak didik atau siswa yang memiliki kemampuan akademis (secara umum) yang tinggi, yang ditandai dengan didapatkannya skor IQ yang tinggi pada pengerjaan tes kecerdasan/intelegensi, sedangkan talented adalah kebalikannya, ditujukan untuk orang yang memiliki kemampuan unggul dalam bidang akademis yang khusus (seperti matematika, bahasa), juga bidang seni, musik, dan drama. Jadi kalau gifted itu ditujukan untuk kemampuan akademis secara umum, sedangkan talented ditujukan untuk dua kemampuan unggul:

  • Bidang akademis khusus
  • Bidang non-akademis

Bakat (aptitude) biasanya diartikan sebagai kemampuan bawaan yang merupakan potensi (potential ability) yang masih perlu dikembangkan atau dilatih agar dapat terwujud. Dalam referensi lain dijelaskan bahwa bakat ialah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan, yang relatif bisa bersifat umum (minsalnya, bakat intelektual umum) atau khusus (bakat akademis khusus), maka bakat khusus disebut juga talent.

Batasan anak berbakat secara umum adalah “mereka yang karena memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul mampu memberikan prestasi yang tinggi”.Istilah yang sering digunakan bagi anak-anak yang memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul atau anak yang tingkat kecerdasannya di atas rata-rata anak normal, diantaranya adalah; cerdas, cemerlang, superior, supernormal, berbakat, genius, gifted, gifted and talented, dan super. Daniel P. Hallahan dan James M. Kauffman (1982; 376) mengemukakan “Besides the word ‘gifted’ a variety of other terms have be en used to describ individuals who are superior in some way : “talented, creative, genius, and precocious, for example”. Precocity menunjukkan perkembangan yang sangat cepat.Beberapa anak gifted memperlihatkan precocity dalam area perkembangan sepert; bahasa, musik, atau kemampuan matematika.

Pengertian keberbakatan dalam pengembangannya telah mengalami berbagai perubahan, dan kini pengertian keberbakatan selain mencakup kemampuan intelektual tinggi, juga menunjuk kepada kemampuan kreatif., bahkan menurut Clark (1986) dalam Conny Semiawan (1994), kreativitas adalah ekpresi tertinggi keberbakatan.

  1. CIRI – CIRI ANAK BERBAKAT

Apabila seorang anak memiliki 18 ciri dari 25 ciri berikut, maka anak tersebut dapat digolongkan anak berbakat.

  1. Membaca pada usia lebih muda
  2. Membaca lebih cepat dan lebih banyak
  3. Memiliki perbendaharaan yang luas
  4. Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat
  5. Mempunyai minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa
  6. Mempunyai inisiatif dan dapat bekerja sendiri
  7. Menunjukan keaslian dalam ungkapan variable
  8. Memberi jawaban – jawaban yang baik
  9. Dapat memberikan banyak gagasan
  10. Luwes dalam berfikir
  11. Terbuka terhadap rangsangan – rangsangan dari lingkungan
  12. Mempunyai pengamatan yang tajam
  13. Dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu yang panjang, terutama terhadap tugas atau bidang yang diminati
  14. Berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri
  15. Senang mencoba hal – hal yang baru
  16. Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang tinggi
  17. Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan – pemecahan masalah
  18. Cepat menangkap hubungan sebab akibat
  19. Berperilaku terarah pada tujuan
  20. Menpunyai daya imajinasi yang kuat
  21. Mempunyai banyak kegemaran
  22. Mempunyai daya ingat yang kuat
  23. Tidak cepat kuat dengan pretasinya
  24. Peka serta menggunakan firasat
  25. Menginginkan kebebasan dalam gerkan dan tindakan

Selain itu cirri – cirri anak berbakat :

  • Si anak memiliki ciri khas

Anak yang memiliki ciri khas biasnya akan nampak saat dirinya sedang bermain besama teman-teman sebayanya. Si anak akan bertingkah laku yang lebih dewasa sehingga kerika bermain dengan teman seusianya cenderung memisah. Namun, bukan berarti si anak tak mau bermain dan berkumpul dengan teman seusianya. Si anak sangat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

  • Si anak memiliki cara belajar yang berbeda

Si anak cenderung tidak bisa diam dan aktif terhadap hal-hal baru. Selain itu, si anak juga lebih suka untuk mengeklspelor dan mempelajari lebih lanjut sesuatu yang ada di sekelilingnya. Namun ketahuilah bahwa tidak mau diam bukan berarti si anak hiperaktif.

  • Gaya bahasanya lebih dewasa

Si anak lebih cepat menyerap bahasa orang dewasa dan menirukannya. Untuk itu, jangan heran jika ada anak yang mengikuti perkataan orang dewasa bahkan menirukannya. Selain itu, si anak akan lebih cepat untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya.

  • Si anak memiliki kosakata yang banyak

Karena kemampuannya untuk menyerap bahasa lebih cepat, si anak jadi memiliki kosakata yang lebih banyak. Dengan begitu, si anak jadi mengerti kata-kata yang diucapkan kepadanya. Bahkan, si anak bisa menyebutkan secara terperinci baik itu mengenai benda atau saat menjawab pertanyaan yang diberikan kepadanya. si anak berbakat

  • Si anak memiliki keterampilan yang lebih

Keterampilan lebih yang dimilikinya itu, seperti memakai baju sendiri, memegang benda dengan posisi yang benar tanpa kesulitan, dan keterampilan lainnya. Namun ketahuilah bahwa keterampilan itu bisa saja dimiliki si anak asalkan Anda mau melatihnya dengan cara berenang, bermain tenis, dan olahraga lainnya. Dengan berolahraga bisa melatih kemampuan motorik kasarnya.

  • Si anak gemar mengoleksi benda

Anak berbakat akan lebih senang untuk mengumpulkan benda-benda kesukaannya. Misalnya, mainan, baju, hiasan, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan si anak menyukai bentuknya, warnanya, serta modelnya. Tak heran jika si anak gemar memilih-memilih atau mengelompokkan benda-benda kesukaannya itu.

  • Si anak gemar membaca

Saat usia si anak 1 tahunan, dirinya akan mampu untuk membedakan gambar yang posisinya terbalik. Selain si itu, si anak juga akan menunjukkan gerakan kepala dari kiri ke kanan seolah-olah dirinya sedang membaca. Ketahuilah bahwa hampir 50 persen anak yang berbakat sudah bisa membaca sejak usianya 2-2,5 tahun. Untuk merangsang anak agar suka membaca, Anda juga bisa melatihnya dengan mendongengkan buku atau sering bercerita kepadanya.

  • Memiliki kemampuan logika

Anak berbakat akan mudah memahami benda-benda yang besar dan kecil, serta membedakan banyak dan sedikit. Selain itu, si anak juga mengerti mengenai berapa lama, berapa jauh, dan berapa banyak. Dan anak berbakat juga bisa membedakan atas dan bawah, kiri dan kanan, serta maju dan mundur.

  • Memiliki daya ingat yang cukup baik

Daya ingat anak berbakat sangat tinggi. Misalnya, si anak mampu mengingat kejadian yang sudah lama dan mampu untuk mengungkapkannya kembali dengan baik. Apakah anak Anda seperti itu?

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Anak berbakat cenderung lebih banyak bertanya terhadap apa yang belum dimengerti. Jika si anak banyak bertanya pada apa yang tidak diketahuinya, maka sebagai orangtua Anda harus memberikan jawaban untuknya. Berilah jawaban dengan baik dan jangan biarkan si anak tanpa jawaban.

  • Pandai bersosialisasi

Anak berbakat akan lebih senang untuk bermain dengan teman di atas usianya. Dirinya akan merasa nyaman bermain dengan teman yang usianya lebih tua darinya. Sedangkan, saat bermain dengan teman seusianya si anak akan merasa tidak nyaman.

  • Memiliki energi yang kuat

Setiap beraktivitas, si anak selalu bersemangat karena dirinya memiliki energi yang kuat. Untuk itu, jangan heran jika si anak kurang tidur siangnya. Itulah ciri-ciri anak berbakat. Setelah mengetahui ciri-ciri tersebut, apakah Anda termasuk anak yang berbakat? Jika sudah mengetahui bakat si anak, maka sebagai orangtua Anda perlu mengasah dan membimbingnya dengan baik. Berilah stimulasi-stimulasi yang cocok untuknya agar si anak bisa mengembangkan bakatnya dengan baik. (NR)

  1. KARAKTERISTIK ANAK BERBAKAT

Apabila dilihat dari kemampuan –kemampuan yang membedakan mereka dari anak-anak sebayanya, maka kita akan menemukan karakteristik – karakteritik berikut pada  anak-anak berbakat.

  1. Karakteristik kognitif
  • Kualitas luar biasa di  informasi
  • Ingatan yang kuat
  • Kebiasaan perubhan minat & keinginan kemampuan menghasilkan ide-ide dan solusi yang asli’
  1. Karakteristik bahasa
  • Kemampuan verbal
  • Perkembangan yang tinggi pada pengenalan bahasa dan penulisan bahasa.
  • Perkembangan yang baik pada perkembangan sensorik
  • Tidak kebal untuk keretakan kekurangan integrasi di antara pikiran dan badan.
  1. Karakteristik afektik
  • Pendekatan evaluasi terhadap diri sendiri dan lainya.
  • Gigih, tujuan perilaku tak langsung.
  • Kepekaan yang tak bias untuk harapan & perasaan orang lain.
  • Tingginya kesadaran diri, menyesuaikan dengan perbedaan perasaan.
  • Perkembangan awal  dalam focus of control dan kepuasan kedalam dan identitas emosional yang tidak biasa.
  • Harapan yang tinggi dan lainya, sering menuju tingkat frustasi dirinya, lainya dan situasinya.
  • Kemampuan tingkat perkembangan moral.
  • Kemajuan kognitif dan kapasitas afektif dan konseptualisasi dan pemecahan masalah sosial.
  1. KONSEP RENZULLI

Keberbakatan terdiri atas suatu interaksi di antara tiga kluster dasar dari sifat manusia – ketiga kluster itu di antaranya : kemampuan di atas rata-rata, tingkat tinggi akan komitmen terhadap tugas, dan tingkat kreativitas yang tinggi. Anak gifted dan talented adalah yang memiliki atau mampu mengembangkan seperangkat sifat-sifat ini dan menerapkannya ke dalam bidang kinerja manusia yang bernilai secara potensial. Anak-anak yang memanifestasikan, atau yang mampu mengembangkan, suatu interaksi di antara tiga kluster menghendaki suatu variasi yang luas kesempatan dan layanan pendidikan yang tidak diberikan secara biasa melalui program instruksional yang regular.

Berikut secara satu persatu akan dijelaskan kluster dalam keterbakatan renzulli:

  1. Above average ability (kemampuan diatas rata – rata)

Kemampuan di atas rata – rata yang dimaksud adalah kemampuan umum dan kemampuan spesifik. Kemampuan umum misalnya : kemampuan verbal, music, logika hitungan, spasial, dll. Sedangkan kemampuan spesifik misalnya : kemampuan dalam bidang kimia, matematika, komposisi music, patung, fotografi dll.

Kemampuan spesifik mempunyai hubungan dengan kemampuan umum, sehingga potensi dalam bidang ini dapat diukur melalui tes intelegensi

  1. Task commitment (tanggung jawab pada tugas)

Dapat ditunjukkan dengan karakter berikut :

  1. Kapsitas tinggi dalam hal minat, antusiasme, ketertarikan, dan keterlibatan dalam suatu masalah, bidang studi, ataupun bentuk ekspresi manusia tertentu.
  2. Kapasitas dalam hal ketekunan, keuletan, determinasi, kerja keras dan latihan khusus.
  3. Memiliki rasa percaya diri, ego yang kuat, suatu keyakinan pada diri, serta dorongan untuk berprestasi.
  4. Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah
  5. Kemmapuan mendengar dan berkomunikasi dalam berbagai cara.
  6. Membuat standar kerja yang tinggi, memelihara keterbukaan diri dari kritik luar.
  7. Mengembangkan cita rasa seni
  8. Kualitas dan keunggulan dalam pekerjaan.
  1. Creativity (kreatifitas)

Dapat ditunjukkan dengan karakter berikut :

  1. Kelancaran dan keluwesan dalam berfikir
  2. Ketebukaan terhadap pengalaman,penerimaan terhadap suatu yang baru dan berbeda
  3. Rasa ingin tahu, spekulatif, memiliki jiwa petualangan, dan mampu menyesuaikan diri secara mental, menerima resiko dalam pikiran, perilaku bahkan jika ada hambatan.
  4. Peka terhadap detail, cita rasa seni dalam gagasan dan segalanya, mau bertindak dan bereaksi terhadap rangsangan luar serta gagasan dan perasaan oran lain.

Maksud definisi Renzulli, bahwa anak-anak berbakat akan dapat berkembang secara optimal, manakala mereka mendapatkan pengalaman yang cukup dan memadai melalui program pendidikan yang sesuai dengan potensi.

Daftar Pustaka :

http://evitawulandari.wordpress.com/2013/02/21/about-anak-berbakat/

http://abcdirga.wordpress.com/2013/04/02/anak-berbakat/

http://rusdimoh0.wordpress.com/2013/03/27/pic_13-03-04_12-46-11-jpg/

http://ciricara.com/2013/03/21/ciricara-12-ciri-anak-berbakat/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s