Aside

PERMAINAN DENGAN MELEMPAR

               Melempar bola ke tong

Melempar adalah membuang sejauh mungkin atau sejauh batas yang diberikan.

Tujuan permainan       : keterampilan melempar sambil memfokuskan konsentrasi anak sehingga                ketepatan bola bisa masuk ke dalam tong yang disediakan. kedalam tong sampah.

Jumlah peserta             :2 kelompok yang terbagi dari beberapa orang

Alat yang dipakai         : bola ukuran sedang , 2 buah tong sampah ukurang besar, 2 buah kardus

Tempat                                    : lapangan

Peraturan permainan    :Dalam permainan ini para pemain harus fokus mendengar aba-aba dari instruktur agar mereka bisa melakukan apa yang diperintahkan oleh instruktur., apabila mereka tidak mendengarkan aba-aba dan melakukan yang diperintahkan oleh instruktur mereka akan mendapatkan hukuman yang telah ditentukan.

Unsur yang terkandung dalam permainan:

  1. Kognitif

Nilai kognitif yang terkandung dalam permainan ini, yaitu dalam permainan anak-anak berfikir agar ia bisa memasukkan bola yang di lempar kedalam tong, dan berusaha menjadi yang terbaik dari teman-temannnya.

  1. Afektif

Nilai afektif yang terkandung didalam permainan ini yaitu peserta melakukan interaksi dengan tema yang satu dengan teman yang lainnya. Dalam artian adanya kerjasama yang baik dengan teman sekolompok bermain dan berusaha untuk menjadi pemenang.

  1. Psikomotor

Nilai psikomotor dalam permainan ini yaitu unsur gerakan tangan dari lemparan bola yang dilakukan oleh anak.

Posisi awal:

Anak dikumpulkan dilapangan dan berkumpul 4 -5 orang dalam  satu kelompok ,

dan dua buah kardus yang berisi bola di letakkan ditempat yang bebas dilapangan , tidak jauh dari kardus yang berisi bola diletakkan 2 buah rong sampah.

 

Pelaksanaan:

Anak mengambil posisi mereka berdiri di masing-masing tempat , lalu satu orang anak dari masing-masing kelompok memiliki kesempatan 5 kali lemparan terhadap tong, dan seseorang menjaga tong harus tetap fokus agar bola yang dilempar bisa masuk ke dalam tong, dan tetap berusaha agar bola tersebut bisa masuk kedalam tong , jika bola yang ada di dalam kardus habis / bola yang disediakan stoknya habis, maka tugsa selanjutnya ialah menghitung bersama-sama siapakah dari kedua tim yang melempar bola paling banyak dan tetap memasukkan pada tong tersebut.

Hukuman bagi yang kalah:

Hukuman bagi yang kalah khusus pada anak usia dini, hukuman yang diberikan tidak memberatkan pada anak , pada kegiatan ini anak-anak yang kalah ialah saling memiji pundak temannya secara bergantian.

Pengembangan permainan:

Pengembangan permainan berikutnya adalah , kegiatan melempar dan memasukkan kedalam tong dapat dilakukan dengan cara,orang yang melempar bola disilangi, yang tadinya memiliki arah yang sama sekarang bersilangan. Bgitu seterusnya mengikuti proseduryang diatas.

PERMAINAN DENGAN MELEMPAR                Melempar bola ke tong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s