Aside

THE MIRACLE OF MIND POWER FOR CHILDREN

Image

 

mengajarkan “mind power”

Pikiran adalah Kekuatan paling dahsyat. begitu pula dalam dunia anak. Segala bentuk pikiran mereka setiap hari akan mempengaruhi semua aspek kehidupan mereka.

Mind power adalah anugerah istimewa untuk kita para orang tua dan guru. Dengan mind power anak akan lebih bahagiadan lebih sukses dibanding dengan anak-anak lainnya. Mjereka akan memiliki kepercayaan diri, sekolah dengan baik dan mudah menjalin pertemanan. Anak-anak yang positif lebih jarang sakit dan lebih kreatif serta memiliki jiwa petualang dan pemberani.

Tips mengajarkan  mind power:
1 .cobalah selalu membuat pelajaran mind power ini lucu dan menyenangkan. Pengulangan teknik secara teratur adalah kunci agar mendapatkan hasil yang sukses.namun, sebagian anak mungkin akan melakukan penolakkan jika mereka merasa tertekan karena melihat latihan ini “kerja” ketimbang “permainan”.carilah waktu yang cocok dan yag terpenting itu lucu dan menarik hati.

 

2 .memiliki kebiasaan berbicara positif. Seperti contoh disaat hendak menyeberang jalan kita bisa berkata seperti ini pada anak:  “sayang menyeberang dengan berjalan saja ya?” hal ini menunjukkan pada anak bahwa dia berjalan. Sementara, ‘jangan menyeberang jalan dengan berlari,” adalah sinyal agar berlari, karena lari adalah instruksi terakhir yang dia dengar dan oleh karenanya merupakan kesan yang akan ia pertahankan.
3 doronglah anak anda untuk meyakini bahwa segala sesuatu adalah mungkin.setiap generasi mencapai kemajuan melampaui generasi sebelumnya, apakah dengan menemukan obat bagi suatu penyakit atau mengembangkan wortel yang paling enak didunia. Potensi dan tempat anak-anak anda didunia ini tak terbatas dan sangat penting.
4 .pelajari teknik-teknik  mind power. Salah satu cara  paling efektif untuk mengajarkan mind power kepada anak-anak anda adalah dengan mempraktekkan untuk diri anda sendiri. Anak-anak kita secara biologis akan menangkap penggalan-penggalan realitas diri kita. mereka akan tertarik dan mengikuti setiap gagasan atau konsep yang kita lakukan dan yakini. Cobalah berikan banyak contoh positif untuk diikuti.

 

 

 

PENGASUHAN YANG SADAR

Image

Pengasuhan yang sadar adalah ketika semua keputusan yang kita ambil saat mengasuh anak didasarkan pada kesadaran bahwa “kita “ sama pentingnya dengan bagaimana kita berinteraksi dengan anak-anak “kita”. Sebagai orang tua yang sadar, kita harus berusaha memastikan bahwa tindakan kita dalam melakukan pengasuhan, secara akurat memberikan contoh positif yang akan ditiru oleh anak-anak kita.

James boldwin  mengatakan bahwa anak-anak itu memang tidak cukup cermat dalam mendengarkan kata-kata orang tua, tetapi mereka tidak pernah gagal dalam meniru rang tua.

 Pearl S.Buck  mengatakan bahwa anak-anak belum cukup memahami bagaimana menjadi orang yang bijak,karenanya mereka berusaha meraih sesuatu yang mustahil dan mereka akan mendaatkannya, dari generasi kegenerasi.

Tips menjadi orang tua yang sadar :
1 .uangkanlah waktu untuk bertanya kepada diri anda sendiri, “apakah ada diantara kebiasaan atau keyakinanku saat ini yang menghambatku menjadi orang tua terbaik?”.

 

2. buat  daftar tentang sifat-sifat yang ingin anda lihat dalam diri anak anda, dan disamping sifat-sifat itu cacat apa yang sekarang sedang anda contohkan dihadapan mereka.banyak ketidak cocokkan? Ingat, anak-anak adalah jendela yang terbuka bagi semua masukan yang diperoleh melalui contoh.kemampuan mereka masih terus terbentuk , mereka siap meyakini atau menjadi apapun, oleh karena itu berikanlah contoh terbaik yang bisa anda berikan.
3 .carilah cara untuk menjelaskan kepada anak-anak anda bagaimana anda menemukan kebahagiaan dan kepuasaan dalam hidup anda. utarakan perasaan sukses anda tersebut di meja makan, apakah itu kesuksesan dalam pekerjaan, hobi,rumah,teman atau keluarga.Bukan jabatan yang kita miliki, posisi yang kita pegabg, atau jumlah uang yang kita miliki yang berkesan bagi anak-anak kita. Melainkan ekspresi kebahagiaan, kesuksesan, dan kepuasan yang kita contohkan dihadapan mereka itulah yang menimbulkan kesan dalam diri mereka.
4 .cobalah melihat secara teliti model-model peran lain dalam kehidupan anak-anak anda. apakah anda karakteristik tertentu yang memiliki karakteristik tertentu yang ingin dimiliki anak-anak anda? Jika ada diantara teman anda yang memiliki karakter tersebut, maka teman tersebut ini bisa menjadi guru bagi anda. Cari kesempatan untuk memperkenalkan sebuah model peran positif kepada anak anda dalam keluarga dan komunitas anda.

 

 

VISUALISAS

Image

  Teknik visualisasi adalah teknik sederhana yaitu dengan menciptakan sebuah gambaran dalam pikiran bahwa anda sedang dimiliki,memberi mereka sebuah saluran untuk menggunakan imajinasi mereka secara positif.

Tips dalam menggunakan visualisasi:

1 .pastikan anak anda memvisualisasikan tujuan mereka seolah saat ini sedang mereka alami. Cek kosakata dan imajinasi yang digunakan itu mendukung energi”sekarang” yang sedang anak anda gunakan. Ingat, memvisualisasikan segala sesuatu sebagai peristiwa dimasa mendatang akan membuat tujuan itu berada dimasa depan. Memvisualisasikannya sebagai peristiwa yang terjadi “saat ini”, menggerakkan realitas bahwa hal tersebut “sedang” terjadi.hal ini memang hanya sekedar sebuah perbedaan tipis, namun amat sangat penting.

 

2 .dorong mereka memasukkan detail-detail dan perasaan mereka ke dalam visualisasi. Melakuka sebua visualisasi merupakan pengalaman yang menyegarkan. Pengalaman tersebut akan terasa hebat.sesungguhnya, anda akan bisa menggunakannya sebagai petunjuk tentang seberapa bagus anak anda berlatih. Jika mereka merasa positif dan semakin baik setelah berlatih, berarti mereka melakukannya dengan benar.

 

3 .selalu visualisasikan hasil sebuah tujuan sebagai sesuatu yang telah terjadi. Seringkali  visualisasi menjadi nyata dengan cara yang ajaib dan mengejutkan. Karenanya, cara yang paling baik adalah melakukan latihan tersebut tanpa mencemaskan bagaimana hal tersebut akan terjadi.

 

4 .melakukan visualisasi bisa melibatkan segala hal mulai dari proses yang perlahan-lahan, hingga dengan kecepatan tinggi. Seringkali pada awalnya, ketika berjalan bersama sesuatu yang baru, otak memerlukan waktu untuk merekam semua informasi, pikiran dan perasaan. Kadang anak-anak anda memerlukan sejumlah pemutaran ulang dan beberapa proses editing sebelum imajinasi yang divisualisasikan terasa dan terlihat tepat. Dalam proses itu setiap anak akan menjadi steven spielberg muda.
5 .anak anda bisa melakukan visualisasi dengan mata terbuka dan tertutup.kedua metode tersebut sama-sama bisa digunakan dan itu hanya masalah kesukaan. Anak anda bisa memilih diantara keduanya. Sekali lagi, kedua cara itu bisa digunakan.

 

6 .ingatkan anak anda untuk mengulang visualisasi sesering mungkin. Setiap saat kesan itu diulang maka kesan tersebut akan semakin jelas dan kuat. Anggaplah latihan itu sebagai vitamin bagi mental mereka dan ajak mereka untuk melakukannya setiap hari. Pengulangan-pengulangan tersebut akan memfokuskan fikiran anak anda pada hasil yang positif. Hal tersebut juga membangun kepercayaa diri mereka, yang memungkinkan anak-anak anda membuat pilihan positif yang membawa mereka kepada pencapaian tujuan.

 


 

 

PENGHARGAAN

Image

Penghargaan dan pujian adalah teknik yang membantu anak-anak merasa berharga dan spesial. Kita melakukannya dengan memperhatikan bidang-bidang dimana mereka berhasil meraih sukses baik saat ini maupun sebelumnya. Mengingatkan anak tentang prestasi mereka akan meningkatkan kepercayaan diri dan menguatkan kembali harga diri mereka.

Tips bagaimana memberi penghargaan:
1 .Gunakan keseimbangan dan kreatifitas ketika memberikan penghargan. Partisipasi , usaha dan kebahagiaan, sama –sama penting dan layak mendapatkan penghargaan .  aktivitas semisal belajar naik sepeda, memandikan kucing piaraan atau mencari anting-anting yang hilang , juga layak diperhatikan.
2 .Penghargaan digunakan untuk membantu anak anda merasa nyaman dan bahagia dengan hidup mereka saat ini. Arahkan perhatian anda kepada prestasi masa lalu dan saat ini secara teratur. Ingatkan bahwa ia sangat suskes dalam berbagai aspek kehidupan, terlepas bagaimana perasaannya saat ini.
3 .penghargaan meliputi tindakan memperhatikan aktifitas dan aksi.  Jika  benar bahwa anak-anak itu menakjubkan semta-mata karena dirinya , kita semua perlu lebih dari itu menggantungkan perasaan sukses kita.
4.cobalah anda kreatif denganmetode yang anda gunakan. Terkungkung pada satu model metode penghargaan, meskipun bermanfaat, tidak akan sama efektifnya jika anda menggunakan berbagai model yang berbeda dalam membangun harga diri anak anda.
5 .hargai diri anda secara teratur. Ini tidak hanya akan menjadi contoh menarik bagi anak anda., tetapi juga akan memberi dorongan untuk diri kita sendiri,   bahkan lketika anda sangat membutuhkannya. Mari kita ingatkan diri kita secara teratur bahwa sekalipun kita memilki banyak kekurangandan kesulitan, kita adalah orang tua yang penuh kasih dan pendukung yang baik.

 

semoga bermanfaat🙂🙂🙂

THE MIRACLE OF MIND POWER FOR CHILDREN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s