MENSTIMULASI OTAK ANAK DENGAN AUDIOTORI

Standard

MENSTIMULASI OTAK ANAK DENGAN STIMULASI AUDIOTORI

Image

Anak-anak menjadi lebih berani menggambar,bermain tanah liat, atau bergerak sesuai irama ketika mendengarkan musik . kerja fisik mereka lebih lancar dengan bantuan musik.

Pengaruh fisiologis musik terhadap tubuh

Mendengarkan musik saat belajar terbukti:

  • Melambatkan laju denyut jantung.
  • Mengaktifkan gelombang otak untuk kegiatan berfikir tingkat tinggi.
  • Menciptakan kondisi mental yang positif, santai dan mudah menerima

Menurut Dr. Carla Hannaford “ bernyanyi merangsang saraf-saraf ke sistem vestibular, ke mata, telinga dan daerah –daerah bicara. Jadi, membangunkan otak untuk proses pembelajaran baru dan menerima informasi indriawi secara optimal”.

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk mengasah kecerdasan musikal adalah dengan segera memulainya sejak sikecil lahir.perlihatkan bahwa musik itu ada, dan perkenalkan sikecil dengan musik dirumah kita.putarka kaset vcd atau radio yang memutarkan lagu yang dapat kita nikmati.apakah itu lagu berirama jazz,klasik,ataupun pop.biarkan sikecil merasakan antusiasme kita saat mendengarkan lagu-lagu tersebut.

Selain manfaat kognitif dan emosi, masih banyak lagi kegunaan musik bagi anak-anak. Contohnya, musik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, matematika, sekaligus kemampuan sosialnya dan membnagun ras percaya diri.

Stimulasi auditori untuk anak prasekolah dirumah, kita  bisa mengajaknya berjalan dari tempat cuci piring,ke kulkas,kemesin cuci baju dibelakang rumah, kemudian ke kamar mandi akan membuat anak usia 2 tahun s- 3 tahun sibuk selama berjam-jam. Aak kecil menunjukkan keterampilan yang luar biasa dalam belajar dengan sarana tape recorder atau mp3.

Tak perlu muluk-muluk, coba saja stimulasi auditori sederhana dengan

Membunyikan aneka ragam benda misalnya sendok dipukulkan kebotol atau piring dan lain-lain, mengajak anak bernyanyi dan ajak anak bermain alat musik sedehana, semisal main piano,gendang dan lainnya sudah mampu “melatih” kepekaan musik anak.

 

Sumber : Olivia, Femi dan Lita Ariani, 2002, menstimulasi otak anak dengan stimulasi auditori, Gramedia: jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s