MELATIH PENDENGARAN ANAK SEJAK DINI

Standard

TIP DAN TRIK UNTUK MELATIH PENDENGARAN ANAK SEJAK DINI

Image

 

Kebanyakan orang tua cenderung ingin anaknya cepat bisa membaca dan pandai matematika saja, padahal bantuan stimulasi auditori sejak dinijustru membuat anak lebih cerdas dalam belajar. Berikut hal-hal sedehana yang bisa kita lakukan dirumah adalah sebagai berikut:

  1. Biarkan anak mendengar bunyi suara benda-benda jatuh seperti sendok,kayu,kelereng, selembar kertas, batu, tutup panci dan sebagainya.
  2. Bicara tentang bunyi suatu benda dengan anak, misalnya jam, suara kicauan burung,bunyi telepon,angin yang bertiup,suara rintik hujan, kucing yang mengeong,percikan air,dan sebagainya.
  3. Mengobrollah dengan anak tentang bunyi saat kita bertepuk,air mendidih, pisau,pisau sedang memotong sayur , mulut yang bersiul,dan lain sebagainya.
  4. Nyanyikanlah lagu riang dimobil dan ajaklah anak bernyanyi
  5. Panggil nama anak dengan lembut ketika anak merangkak,biarkan dia mendekati kita,dan ketika dia melihat kearah kita, berikan pelukan untuk memberikan semangat
  6. Ketika berbicara dengan bayi variasikanlah nada suara kita. Ubahlah suara dari tinggi ke rendah, dari lembut ke antusias. Itu membuat bayi tetarik apa yang kita bicarakan padanya
  7. Bisikkan kata-kata atau kalimat pada bayi untuk membangun minat dan menenangkannya. Juga melatih anakuntuk menyimak.
  8. Nyanyikanlah lagu pengantar tidur atau lagu dengan gerakan untuk mengembangkan kemampuan mendengar anak lewat pengulangan kata dengan menghubungkannya dengan gerakan tertentu.
  9. Doronglah anak untuk menaruh perhatian, meski pada bayi yang terdengar halus untuk membangun kemampuan mendengar anak, misalnya , “ eh, kok mama dengar suara tkus ya?”

 

Dengan demikian pendengaran anak akan terlatih secara baik dan bagus karean diberikan rangsangan-rangsangan seperti itu berulang kali.

 

 

 

Sumber : Olivia, Femi dan Lita Ariani, 2002, menstimulasi otak anak dengan stimulasi auditori, Gramedia: jakarta

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s