“APAKAH PEMBELAJARAN KOMPUTER DIUSIA DINI SUDAH DIPERLUKAN SAAT SEKARANG”?

Standard

“APAKAH PEMBELAJARAN KOMPUTER DIUSIA DINI SUDAH DIPERLUKAN SAAT SEKARANG?’’

baby-playing-laptop-computer

Pembelajaran komputer sebenarnya sangat diperlukan bagi anak usia dini karena dengan berkembangnya zaman maka semakin maju pula peralatan yang digunakan untuk proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Berbagai cara kita lakukan untuk membuat pembelajaran itu menjadi berwarna. Nah,dengan adanya sistem pembelajaran dengan menggunakan komputer ini akan memudahkan bagi kita untuk pencapaian tujuan penddikan tersebut, apa lagi bagi anak usia dini, banyak permainan-permainan edukatif yang bisa diperlihatkan kepada anak melalui komputer ini sesuai dengan keadaan nyatanya serta bisa juga kita sesuaikan dengan tema yang sedang berlangsung hari itu disekolah anak.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, sudah sepatutnya kita bertindak cepat untuk perkembangan anak,  apalagi pada anak usia dini yang memory serta intelektualnya yang harus terus diberi rangsangan , disini kita bekerja keras untuk terus-menerus menstimulus anak. Dengan adanya komputer ini, suatu alat yang canggih yang bisa dengan cepat menarik perhatian anak dan meninggalkan yang lain nya hanya untuk  memfokuskan diri untuk komputer, dengan bantuan kita Anak bisa memainkan komputer, disini kepintaran kita untuk memfilter mana-mana saja hal-hal yang dibutuhkan anak agar perkembangnan kognitif,afektif, dan psikomotor dari diri anak berjalan semestinya. Dengan adanya komputer ini, lebih memudahkan kita untuk menstimulus aspek perkembangan pada anak seperti:

Pada aspek kognitif, Kita ambil saja contoh memperlihatkan serta memperdengarkan macam-macam dari suara hewan.  Coba kita bayangkan apabila kita menggunakan suara kita untuk diibaratkan menjadi suara dari hewan-hewan tersebut pasti tidak sama persis.tetapi jika kita menggunakan komputer maka suara hewan yang terdengar persis sama dengan hewan yang aslinya, sehingga anak memang benar-benar paham dengan masing-masing suara dari hewan serta nak akan berfikir kalau bahwasannya suara hewan ini seperti ini, dan suara hewan itu seperti itu. Serta ada juga suatu aplikasi untuk mengembangkan imajinasi anak dalam mewarnai. Dan masih banyak yang lainnya.

Pada aspek afektif, kita ambil contohnya ialah dengan adanya komputer kita bisa memperlihatkan kepada anak video-video nyanyian yang berhubungan dengan agama dan moral, dengan adanya ini anak –anak akan lebih tertarik dan juga ikut mempraktekkan apa yang dianjurkan dari video tersebut. disini bisa kita lihat nilai agama dan moral anak sedang berlangsung.

Pada aspek psikomotor, dengan adanya komputer kita bisa mengajar kan pada anak tentang apa-apa saja yang bisa dibuat dan dihasilkan menjadi suatu kreativitas yang unik dan berguna untuk anak, disini kita bisa melihat bakat dari anak itu.

Jadi intinya pembelajaran komputer dianak usia dini sudah diperlukan sekarang, disamping memudahkan kita dalam membantu proses berkembangnya intelektual sianak, kita juga telah mengembagkan motorik halus sianak, karena dengan menekan tombol-tombol yang terdapat di keyboard anak menggunakan jari jemarinya yang mungill. Jadi mulailah dari sekarang untuk mengenalkan pembelajaran komputer kepada anak.

Salam

Melly handayani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s